Tingkatkan Pelayanan, Sekda Me-Launching Aplikasi La Sultan
  • Admin
  • 23 September 2022
  • 322 x

Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin, S.Pd., M.Si mewakili Bupati Buton me-launching Proyek Perubahan (Proper) Digitalisasi Rekomendasi BBM Bersubsidi bagi nelayan atau dinamakan "Gitar Kombena" dan Layanan Konsultasi dan Pembinaan Pengawasan guna Mewujudkan "Good Governance" atau disebut "La Sultan". Peluncuran dua aplikasi ini bertempat di Aula Kantor Bupati, Takawa, Pasarwajo, Kamis pagi, 29 September 2022.
Saat membacakan sambutan Pj. Bupati Buton, Sekda sangat mengapresiasi dua aplikasi yang ditelorkan oleh dua kepala OPD yaitu Inspektur dan Kepala Dinas Perikanan yang sedang mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) PIM II Angkatan X Tahun 2022 di LAN Makassar, Sulawesi Selatan.
"Alhamdulillah hari ini kita menghadiri kegiatan launching pemanfaatan teknologi digital pada dua OPD dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dam stakeholder terkait. Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada dua orang ASN yang saat ini sedang mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pim II Angkatan X Tahun 2022 di Lembaga Administrasi Negara, Makassar yang telah menggagas inovasi ini," tutur mantan Kadis Sosial.
Sekda berharap setelah launching, kedua proper atau aplikasi tersebut dapat diwujudkan dan terus dimanfaatkan secara berkesinambungan.
"Olehnya itu kepada kepala OPD maupun pihak-pihak terkait dapat turut serta mendukung terwujudnya aplikasi sehingga fungsi pelayanan pada Dinas Perikanan dan Inspektorat dapat lebih efektif dan bermanfaat secara internal maupun eksternal," tambahnya.
Dikatakan Mantan kadis Sosial Butoin ini, perlu dilakukan sosialisasi di masyarakat agar aplikasi ini diketahui secara luas dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan OPD terkait.
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan Rasmin Rahman, S.Pi., MMA mengungkapkan layanan aplikasi "Gitar Kombena" dibuat untuk memberi kemudahan kepada masyarakat nelayan. Sehingga nelayan tidak harus datang atau bertatap muka langsung dengan pemangku kepentingan atau pejabat yang mengurus rekomenfasi BBM bersubsidi, cukup dengan menggunakan aplikasi secara online, nelayan sudah dapat diberikan rekomendasi.
Rasmin menambahkan aplikasi ini akan sangat membantu Dinas Perikanan dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanan dan bagi nelayan akan sangat bermanfaat karena lebih cepat dan hemat biaya.
Sementara itu, Inspektur Kabupaten Buton, Drs. Gandid Sioni Bungaya mengatakan aplikasi La Sultan adalah penguatan peran APIP melalui layanan konsultasi dan pembinaan pengawasan guna mewujudkan "Good Governance". Aplikasi ini dibuat sebagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan fungsi layanan konsultasi dan pembinaan pengawasan pada inspektorat di luar tugas-tugas pengawasan melalui audit, reviuw, dan monitoring.
Selain itu, lanjut Gandid, aplikasi ini akan memberi akses cepat kepada OPD maupun stakeholder (pemangku kepentingan) terkait dalam menyampaikan persoalan pelaksanaan kegiatan/ tugas pemerintahan maupun pengelolaan keuangan. Sehingga menjadi deteksi dini untuk mencegah penyalahgunaan wewenang yang merugikan negara ataupun daerah.